Ready Belajar Saat Pandemi Covid-19, Sekolah Islam Hang Tuah Siap Tempur Pembelajaran Tatap Muka dan Online Learning

HANGTUHNEWS-Pandemi Covid-19 saat ini masih menjadi bahasan panas dalam dunia pendidikan. Perencanaan awal yang telah disiapkan oleh  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terkait mengadakan kembali pembelajaran tatap muka harus gigit jari. Pasalnya, pada akhir tahun 2020 musim liburan panjang ini memberikan dampak pada kenaikan jumlah pasien yang terinveksi Covid-19. Hal ini membuat perubahan pada peraturan dalam dunia pendidikan untuk pembelajaran tatap muka disesuai dengan daerah yang terkena dampak Covid-19

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyatakan bahwa sekolah dapat kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19. Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa orang tua siswa memiliki hak untuk tidak mengizinkan anaknya ikut pembelajaran tatap muka di sekolah pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di tengah pandemi Covid-19.

Amanat itu disampaikan Nadiem berkaitan dengan wewenang yang diberikan sepenuhnya kepada Gubernur untuk menentukan pembukaan sekolah tatap muka di daerah.
“Kalaupun sekolahnya dibuka bahwa orang tua masih bisa tidak memperkenankan anaknya untuk datang ke sekolah untuk melakukan tatap muka. Jadi hak terakhir dari siswa individu walupun sekolahnya sudah mulai tatap muka masih ada di orang tua,” kata Nadiem melalui keterangan virtual pada Jumat (20/11/2020).

Disamping itu, sekolah-sekolah yang berada di Kota Batam khususnya Sekolah Islam Hang Tuah telah menyiapkan seluruh prosedur kesehatan dan protokol kesehatan untuk menunjang proses pembelajaran tatap muka. Sistem ini berdasarkan pada peraturan daerah Provinsi Kepulauan Riau untuk pembelajaran tatap muka harus ada unsur-unsur kesiapan dalam menghadapi Covid-19 saat pembelajaran tatap muka.

Sekolah Islam Hang Tuah Batam telah menyiapkan beberapa pencuci tangan di beberapa titik, hand sanitizer untuk pembelajar di Labor Komputer, serta menjaga jarak antar meja dan kursi.

Jarak antar bangku diatur sejarak mungkin seperti Ujian.

Hand Sanitizer Tersedia di Labor Komputer Multimedia

Wastafel pencuci tangan di beberapa titik di SMA dan SMK

Penggunaan masker juga selalu menjadi kunci utama dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah. Setiap hari siswa yang hadir kesekolah selalu dicek apakah menggunakan masker. Sarapan tidak luput dari pandangan guru karena disekolah kantin tidak diizinkan buka. Disekolah Islam Hang Tuah Batam sendiri yang baru mengadakan Tatap Muka baru SMK Islam Hang Tuah Saja karena imbauan dari dinas pendidikan untuk pelaksanaan pembelajaran produkti.

Editor : Robi Sandita

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *