Selama Bulan Ramadhan, Sekolah Islam Hang Tuah Batam Gelar 2 Kegiatan Positif

Sekolah Islam Hang Tuah Batam terus melaksanakan beberapa kegiatan untuk menunjang proses pembelajaran serta meningkatkan iman dan takwa bagi siswa-siswi di Sekolah Islam Hang Tuah Batam.

Di minggu pertama bulan Ramadhan Sekolah Islam Hang Tuah Batam melaksanakan kegiatan pesantren kilat yang diberi nama Ramadhan Camp 1442 H.

Kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan sekolah tersebut dilaksanakan pada 14 hingga 16 April 2021 dan diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD hingga SMK/ SMA Sekolah Islam Hang Tuah Batam.

Ramadhan Camp tersebut dilaksanakan secara daring dan tatap muka (luring) dengan beberapa topik yang berbeda sesuai dengan jenjang yang ada di Sekolah Islam Hang Tuah Batam ini yakni dari TK sampai pada SMA/ SMK.

Bagi siswa di tingkat TK, kegiatan dilakukan secara daring menggunakan LK (Lembar Kerja) yang telah dipersiapkan oleh guru sebelumnya dan dipandu melalui aplikasi WhatsApp Group.

Kegiatan Ramadhan Camp Sekolah Islam Hang Tuah

Pelaksanaan Ramadhan Camp bagi siswa SD dibagi dalam 2 kelompok, yaitu Kelompok A untuk siswa kelas 1,2, dan 3 melakukan kegiatan Ramadhan Camp secara daring sedangkan Kelompok B untuk siswa kelas 4,5, dan 6 dilakukan secara tatap muka bersama – sama dengan siswa SMP dan SMA.

Peserta didik SMP yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa – siswi kelas VII dan kelas VIII, sedangkan SMA diikuti oleh siswa – siswi kelas X dan XI.

Selain anjuran Dinas Pendidikan, tujuan diadakannya kegiatan Ramadhan Camp ini juga untuk menambah kompetensi siswa-siswi dalam bidang agama.

Adapun kegiatan yang dilakukakan pada Ramadhan Camp ini yaitu Sholat Dhuha Berjamaah, Tadarus Al Quran, Praktek Fardhu Kifayah, dan tanya jawab tentang seputar Bulan Suci Ramadhan.

“Untuk SMK Islam Hang Tuah Batam sendiri, karena siswanya dominan laki-laki sehingga lebih fokus ke pengembangan emosional spiritualnya, seperti penyampaian tentang Apa Itu Remaja? Bagaimana mencari jati diri remaja yang sesuai dengan Islam? serta hal – hal positif lainnya yang terkait dengan remaja karena usia mereka saat ini mulai memasuki fase remaja sehingga kita sesuaikan materinya dengan kebutuhan anak – anak tersebut. Kegiatan juga diselingi dengan game dan lomba melantunkan Asmaul Husna secara berkelompok” kata Direktur Sekolah Islam Hang Tuah Batam, Dian Safitri, S.Pd., M.Pd, Kamis, (22/4/2021).

Menurut Dian Safitri, untuk nara sumber dalam kegiatan Ramadhan Camp ini di pilih langsung dari guru – guru Hang Tuah sendiri yang memang pemahaman agamanya lebih mendalam dan juga memiliki pengaruh positif serta terpandang sebagai Ustadz, baik di lingkungan tempat tinggalnya maupun di daerah sekitar sekolah ini.

Selain itu, ada hal penting lain yang dilakukan SMP Sekolah Islam Hang Tuah Batam dalam rangka memperingati Hari Bumi sedunia yaitu bersama – sama dengan PT McDermott Indonesia melakukan kegiatan Seminar dengan Tema Sampah Di Sekitar Kita bagi siswa – siswi kelas VII dan VIII.

Pada momen ini pihak PT. McDermott memberikan pengetahuan tentang bahayanya sampah yang terus bertambah, terutama sampah plastik serta cara mengolah sampah agar bisa di daur ulang.

Sampah – sampah yang dipisahkan sesuai jenisnya dapat dikirimkan kepada Bank Sampah yang ada di kelurahan masing – masing sehingga nantinya sampah ini bisa menjadi sesuatu yang menghasilkan, salah satunya dapat menambah penghasilan berupa uang.

“Pengetahuan tentang cara memilih dan memilah sampah yang disampaikan oleh pemateri dari Dermott sebenarnya juga sejalan dengan salah satu dari 7 program unggulan Sekolah Islam Hang Tuah Batam yang akan mulai kita lakukan di tahun ajaran baru mendatang. Program tersebut adalah Gerakan Sekolah Bersih. Kita akan mulainya dengan istilah Zero Waste (Nol Sampah). Kita akan mulai mengelola sampah sejak usia sekolah” ujar Dian Safitri.

Ia berharap usai program ini, mudah-mudahan siswa-siswi mulai terbiasa membuang sampah pada tempatnya serta memilih dan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Siswa – siswa akan mulai mengurangi penggunaan plastik yang tidak dapat didaur ulang dan menggantinya dengan wadah yang bisa di recycle.

“Meskipun hanya bungkus permen kecil yang dibuang pada tempatnya, namun memiliki dampak yang luar biasa bagi lingkungan karena kita bisa!”

“Semoga apa yang di pelajari hari ini bisa membawa pengaruh yang baik bagi anak – anak dan dapat ditularkan kepada teman – temannya yang lain serta kepada anggota keluarganya yang di rumah. Pengetahuan ini tidak hanya berhenti di anak-anak didik kami saja, namun mereka juga akan memulai membagikan hal baik ini kepada keluarga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya,” harap Dian.

Lebih lanjut ia mengatakan, kerja sama antara Sekolah Islam Hang Tuah dengan McDermott sudah beberapa kali dilakukan dengan cara dan jenis yang berbeda.

“InsyaAllah kedepan kita akan melakukan MOU dengan PT. McDermott minimal satu program seperti Guest Teacher yang mana pihak PT. McDermott datang dan mengajar kepada anak didik kami dan materi yang akan diberikan tentunya sesuai dengan bidang McDermott. Tidak hanya itu, salah satu kerja sama yang paling di nantikan adalah adanya kerja sama yang baik dengan pihak McDermott agar anak-anak sekolah SMA dan juga SMK bisa melakukan magang di McDermaott,” katanya.

Sejauh ini Sekolah islam Hang Tuah Batam sudah mulai menjalin kerja sama dengan PT McDermott dan PT Cladtek Bi-Metal untuk mempermudah anak didik agar bisa melakukan praktek dan juga belajar sesuai dengan bidang serta jurusan mereka masing-masing.

Sementara itu, HSES Facility Manager PT. McDermott Indonesia Soleh Gustiar saat di temui Tribun Batam di sela-sela kegiatan kunjungan mengatakan jika kegiatan hari Ramadhan sekaligus untuk merayakan hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April setiap tahunnya.

“Kami dari HSES departemen berkontribusi selain kita punya program-program internal kami juga memberikan perhatian khusus minimal di sekitar lingkungan McDermott salah satunya yakni Sekolah Islam Hang Tuah ini,” katanya.

Ia mengatakan jika di McDermott juga saat ini memiliki ahli-ahli seperti imformental dan safety serta beberapa ahli lain sehingga McDermott bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Program seperti ini bukan hanya sekali ini saja, khusus untuk Sekolah Islam Hang Tuah kita punya program yang berkelanjutan seperti membantu meyalurkan bantuan berupa emtek untuk di jadikan pot bunga dan Alhamdulilah hingga saat ini sangat bermanfaat dan sudah bisa di nikmati oleh pihak sekolah baik guru maupun siswa-siswinya,” ungkap Soleh.

Selain sekolah McDermott juga selalu memberikan bantuan kepada masyarakat Batam yang mengalami kesusahan terutama pada saat pandemi seperti ini.

“Kita selalu terbuka untuk masyarakat karena McDermott juga adalah milik Indonesia khususnya kota Batam bukan milik orang asing, memang ada McDermott pusat namun yang di Batam adalah milik Indonesia,” lanjutnya.

Ia berharap komunikasi antara Pemerintah dan Perusahaan-perusahaan serta sekolah yang ada di Batam ini, semakin baik lagi, terkhusunya untuk Sekolah Islam Hang Tuah Batam semoga kedepan hubungan dengan McDermott tetap terjalin baik.

Dengan kehadiran McDermott bisa memberikan penyemangat untuk Sekolah Islam Hang Tuah Batam agar kedepan agar makin sukses dan jaya lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *